Ngoprek GPS – ngeparsing nmea

GPS adalah global positioning system. Pertama dikembangkan oleh grup riset tentara amerika – (cmiiw :p) . Sekarang sudah bisa dapakai secara komersial. Bahkan sedang booming. Banyak gadget yang menyediakan aplikasi GPS, ada yang untuk dipasang di mobil, ditenteng kemana-mana (hand held), bahkan dipadu dengan hand phone. Dashyat!! GPS receiver sekarang bentuk dan ukurannya emang udah sangat kompak.

GPS-ku mengeluarkan output dengan protokol standar nmea . nmea ini formatnya menggunakan decoded string sebagai bilangan-bilangan koordinat. Koordinat posisi dinyatakan dalam Lintang dan bujur, lintang adalah garis horizontal membagi bumi dengan skala derajat dari kutub utara ke kutub selatan. katulistiwa adalah garis lintang 0 derajat. Bujur adalah garis yang tegak menghubungkan kutub utara ke kutub selatan dengan acuan 0 derajat ada di kota di inggris.

bujur=longitude , lintang = latitude.Kenapa nmea perlu diparsing?–jawabnya: output nmea yang berformat ascii string masih belum bisa langsung digunakan untuk perhitungan koordinat, harus diubah dulu menjadi nilai integer atau float caranya dengan diparsing (diambil data per-karakter stringnya, dikali2 dst..). format nmea posisi yang aku dapat adalah seperti ini :

nmea

marsingnya biasa aja, pertama scan $ begitu ketemu scan <cr><lf> lalu ngitung koma, dioffset2 buffer array karakternya dan siap diambil datanya karakter per-karakter.

2 responses to “Ngoprek GPS – ngeparsing nmea

  1. bro,bisa dijelasin lebih detail listing program pakai program apa kita ngeparsingnya, klu pakai vb 6 bisa apa gak trus gmna source codenya.thank

  2. pasti bisa pake bahasa apa aja…
    vb6 canggih kok jadi mestinya ga ada masalah
    yang pertama pastiin dulu mengenai komunikasi kelistrikannya.. modul GPS nyambung ke PC-nya gimana.. interface serial 232 atau USB udah terkuasai apa belum.. setelah itu baru lanjut ke algoritma parsingnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s